Tuesday, December 30, 2008

Pesawat Ulang Alik Pulang Menumpang Boeing 747

Berikut artikel yang gua dapet dari salah satu media masa ternama di Indonesia. Pertama membaca judulnya sudah membuat gua sedikit mengeryitkan alis. Setelah baca dan melihat fotonya, jadi bingung gimana cara memosisikannya :)). Silakan membaca kopian artikel tersebut:



CAPE CANAVERAL - Meski sanggup pulang pergi ke luar angkasa, pesawat ulang alik tidak didesain untuk terbang seperti pesawat komersial. Untuk memulangkannya ke pangkalan peluncuran di Kennedy Space Center, pesawat ulang alik Endeavour harus menumpang di atas pesawat jumbo Boeing 747.

Pesawat yang baru saja menjalankan misi luar angkasa ke stasiun antariksa internasional (ISS), harus kembali ke Cape Canaveral, Florida untuk mempersiapkan misi selanjutnya. Pesawat tersebut sebelumnya terpaksa mendarat di Pangkalan Udara Edwards, California karena cuaca buruk di Florida saat jadwal pendaratan.



Endeavour diterbangkan dari California sejak Rabu (10/12) pagi. Ia sempat transit di Fort Worth, Texas pada malam harinya dan baru melanjutkan perjalanan Kamis pagi. Transit kedua di Pangkalan Udara Barksdale Air Force di Lousiana pada Kamis malam.

Perjalanan mungkin akan berakhir Jumat sore jika badai dan angin kencang di sekitar Kennedy Space Center mereda. Untuk memindahkan pesawat dari California ke Florida, NASA harus menhabiskan dana setidaknya sebesar 1,8 juta dollar AS.

(Sumber: Kompas.com, red)


Ada yang punya ide bagaimana cara menaikkan pesawat ulang aliknya ke punggung Boeing 747?

-end-

3 Comments:

Yudistira said...

cukup menarik...mereka sangat teliti sekali. Sudah bisa memperhitungkan gaya angkatnya sebesar berapa, belum lagi menganalisa berat totalnya... Ada pertanyaan yang muncul di dalam pesawat boeing 747 ini apa ada penumpangnya?
Menurut saya jika ada penumpangnya dan semua tempat duduk terisi, maka sulit bagi peswat boeing 747 dan pesawat ulang alik naik ke udara karena akan memerlukan daya angkat yang berat serta kecepatan yang tinggi ketika take off. Pertanyaan ide cara naikin peswat ulang alik ke tubuh pesawat boeing 747, menerut saya mereka punya alat yang bisa mengangkat pesawat ulang alik itu.

Didik Pramuji said...

tenang bang,,
"mereka" punya SUPERMAN!!

teguh suroso k-link said...

wkwkwkwkwkwkwkwkkkkkkkkkk
bener..

kita juga bisa lho.. kan punya gatotkaca...